KompetensiLearning Outcome
Keterampilan Khusus1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang  strategi pembelajaran biologi pada tingkat sekolah dasar, menengah dan perguruan tinggi dalam  kegiatan  kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler melalui riset, sehingga menghasilkan model yang inovatif dan teruji secara ilmiah. 2. Mampu menganalisis berbagai konsep pengetahuan dan teknologi di bidang keilmuan biologi konservasi sebagai pendidik, peneliti, dan supervisor untuk mengembangkan strategi pembelajaran  melalui riset, sehingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji secara ilmiah. 3. Mampu melakukan analisis terhadap masalah-masalah dan kebijakan di bidang strategi pembelajaran dan supervisi pembelajaran biologi  melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner. 4. Mampu mengelola riset di bidang  strategi pembelajaran biologi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat baik tingkat nasional maupun internasional.
Keterampilan Umum1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah  dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah terakreditasi atau jurnal internasional. 2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelasaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. 3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikaasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. 4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan iterdisiplin atau multidisiplin. 5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu engetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humoniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. 6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat didalam lembaga dan komunitas penelitian yang luas. 7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri dan mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Pengetahuan1. Menguasai teori pembelajaran biologi dan androgogi sebagai pendidik, peneliti dan pengawas pembelajaran biologi sekolah menengah dan srata 1. 2. Menguasai berbagai konsep pengetahuan dan teknologi di bidang pembelajaran biologi terkini (model, pendekatan, strategi, metode, dan media) sebagai pendidik, peneliti, dan supervisor untuk mengembangkan  pembelajaran  biologi. 3. Mampu menguasai isu terkini masalah-masalah dan kebijakan di bidang strategi pembelajaran dan supervisi pembelajaran biologi serta implikasinya. 4. Mampu mengembangkan konsep-konsep biologi (sel dan molekuler, zoology dan botani komparatif, metabolisme, genetika dan evolusi, ekologi, dan biologi konservasi) melalui riset yan teruji secara ilmiah.
Sikap1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius yang berwawasan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 2. Mempunyai ketulusan, kesungguhan hati untuk mengembangkan pengetahuan pembelajaran biologi dan nilai-nilai  keislaman dan berwawasan muhammadiyah sebagai pendidik dan peneliti  pada sekolah menengah maupun S1 dan supervisor di sekolah. 3. Mempunyai sikap dan tingkahlaku sebagai warga Negara yang berdasarkan Pancasila dalam kehidupan pribadi, bangsa, Negara, dan bermasyarakat. 4. Memiliki sikap cinta lingkungan dan konservasi alam  yang berwawasan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 5. Memeliki rasa kerjasama dan kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 6. Memiliki sikap tanggungjawab terhadap keahliannya sebagai pendidik, peneliti, dan supervisor biologi secara mandiri.